Profil Roberto Firmino Sang False-Nine Liverpool

Profil Roberto Firmino

Roberto Firmino merupakan pemain sepakbola asal Brasil yang akhir-akhir ini sedang naik daun. puncak karirnya ini tidak didapatkan secara instan. Melainkan harus melalui semua rintangannya dengan kerja keras. Seperti apakah perjalanan dari Roberto Firmino? Berikut profil Roberto Firmino.

Perjalanan Awal

Roberto Firmino Barbosa de Oliveira adalah pemain sepakbola profesional Tim Nasional Brasil dengan posisi penyerang tengah. Lahir pada tanggal 2 Oktober 1991 di Maceio, Brazil. Pemain dengan tinggi 1.81 meter tersebut merupakan anak dari pasangan Jose Roberto Cordeiro dan Mariana Cicera Barbosa de Oliveira. 

Dirinya bukanlah dari keluarga yang kaya raya. Melainkan keluarga yang miskin dan lingkungan yang tidak sedikit kejahatannya. Bagi seorang Roberto Firmino faktor keuangan bukanlah penghambat kesuksesan seorang. Dengan bakat dan dukungan dari orang sekitarnya, Roberto Firmino memulai karirnya untuk bergabung dengan akademi Clube de Regatas Brasil.

Berseragam TSG 1899 Hoffenheim

Firmino mengawali karir seniornya di klub Figueirense setelah keluar dari akademi Tombense FC. Di Figueirense, Firmino berhasil membantu klubnya hingga mendapatkan tiket promosi ke kasta tertinggi Brasil. Tak berselang lama TSG 1899 Hoffenheim merekrut Firmino untuk bergabung. Pemain asal Brasil itu menandatangani kontrak bersama Hoffenheim untuk lima tahun kedepan. Di klub ini menjadi kali pertama ia bermain di kompetisi eropa.

READ  Profil Yanto Basna Awal Karir Hingga Sukses

Pada Januari 2011, Roberto Firmino memulai karirnya di skuad asuhan pelatih Ernst Tanner. Gol pertamanya tercipta pada tahun 2011, ketika Hoffenheim memperoleh poin penuh saat melawan Eintracht Frankfurt dengan skor 1-0. Performanya terus melambung tinggi dan mencetak 3 gol pada 11 penampilan pertamanya. Pencapaian tersebut cukup baik bagi pemain baru yang memulai debutnya di kompetisi Eropa.

Musim 2013/2014 menjadi performa terbaiknya bersama Hoffenheim. Ia berhasil menyumbang 22 gol dari 37 pertandingannya, dimana 16 gol didapatkan pada kompetisi liga. Pada akhir musim itu juga dirinya berhasil mendapatkan gelar Player of the Season.

Menghabiskan empat setengah musim, mampu membantu Hoffenheim promosi ke Bundesliga. Dengan 153 penampilan, Firmino sukses menyumbang 49 gol dan 36 assist untuk klub. Prestasi yang menakjubkan itu berhasil mengantarkannya menjadi Pemain Paling Berkembang Bundesliga 2014/2015. Dengan prestasinya yang gemilang dirinya dapat menarik beberapa top klub Eropa.

READ  Profil Jesse Lingard Pemain Yang Dijuluki Lingardinho Oleh Netizen

Puncak Kejayaan Bersama Liverpool

Pertengahan tahun 2015, Liverpool berhasil mengejutkan jagat transfer liga kasta tertinggi negeri Ratu Elizabeth. Dengan harga 29 juta poundsterling Liverpool berhasil membawa Firmino dari Hoffenheim untuk terbang ke Anfield.

Roberto Firmino mengawali debutnya saat Liverpool melawan Stoke city di kompetisi liga Inggris. Pada era Brendan Rodgers, Firmino tidak mendapatkan banyak waktu bermain. Pemain ini kerap kali terlihat duduk dibangku cadangan. Hingga saat Jurgen Klopp resmi bergabung pada 8 Oktober 2015, Roberto Firmino menunjukkan grafik permainan yang meningkat.

Gol pertamanya bersama Liverpool didapatkan pada saat melawan Manchester City pada 21 November 2015. Tanpa pikir panjang, mantan pelatih Borussia Dortmund itu menempatkan Firmino sebagai penyerang utama. Kehebatannya melampaui ekspektasi, hingga akhirnya pada Januari 2016 dirinya mendapat gelar Player of the Month.

Di musim pertamanya bersama The Reds, dirinya sukses mengantarkan klubnya ke partai final Liga Eropa. Akan tetapi keberuntungan tidak berpihak kepada Liverpool. Kekalahan adu penalti melawan Sevilla gagal mengantarkan mereka menjadi sang juara.

READ  Profil Mason Mount si Anak Emas Lampard dan Chelsea

Musim terus berganti, membuat kemampuan Firmino berkembang pesat. Dirinya berhasil membawa Liverpool menjadi juara pada kompetisi Liga Champions 2018/2019 dan menjadi raja Premier League 2019/2020. Hingga Januari 2021, dirinya berhasil tampil sebanyak 269 penampilan dengan mengoleksi 83 gol dan 63 assist bersama The Reds.

Sang False 9 Liverpool

Hal menarik yang ada pada profil Roberto Firmino adalah pemain ini bukanlah penyerang murni. Tidak seperti Sergio Aguero di Manchester City ataupun Benzema di Real Madrid yang tugasnya utamanya membuat gol. Pemain bernomor punggung sembilan itu cenderung bermain sebagai False 9. Dimana tugasnya utamanya bukan mencetak gol akan tetapi membuka celah pertahanan lawan dan membuat serangan.

Keberadaan False 9 berada di formasi tengah akan menarik bek dari pemain lawan. Sehingga akan menciptakan lebih banyak opsi untuk membuat pola serangan. Saat itu terjadi, serangan bisa dilakukan dari samping maupun tengah.

You May Also Like

About the Author: Jose Fernando